Soft Copy
PENGARUH PROMOSI DAN PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA DEPOK
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh promosi dan pengalaman pengguna terhadap loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi, pada e-commerce Shopee di Kota Depok. Permasalahan yang dikaji meliputi rendahnya loyalitas pelanggan meskipun promosi dan pengalaman pengguna ditingkatkan. Penelitian ini didasari oleh tujuh hipotesis yang mencerminkan hubungan langsung maupun tidak langsung antar variabel. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 160 responden pengguna aktif Shopee yang berdomisili di Kota Depok dan telah melakukan transaksi minimal tiga kali dalam dua bulan terakhir. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan pengalaman pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan terbukti mampu memediasi hubungan antara promosi maupun pengalaman pengguna terhadap loyalitas pelanggan secara signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang tepat dan pengalaman pengguna yang positif mampu meningkatkan loyalitas pelanggan melalui peningkatan kepuasan
Detail Information
| Item Type |
Bachelor's Thesis
|
|---|---|
| Penulis |
Andiva Putri Islami - Personal Name
|
| Student ID/NPM |
04202140017
|
| Dosen Pembimbing |
Obing Zaid Sobir, S.Sos., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
|
| Penguji |
Aris Fatoni, S.Sos., M.A - - Ketua Penguji/Penguji 1
Afrida Sary Puspita, S.Sos., M.A - - Anggota/Penguji 2 Aniza Octaviani, S.Sos., M.A - - Anggota/Penguji 3 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
| Edisi | |
| Prodi/Fakultas |
ADMINISTRASI BISNIS/FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
| Edisi | |
| Subyek | |
| No Panggil |
2025-57-298
|
| Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
| Doi | |
| Bentuk File |







