Soft Copy
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH DI MARKETPLACE SHOPEE MALL
XML
Siti Anisa Syafitri, NPM. 01202140057, Pengaruh Kualitas Produk dan Online Customer Review terhadap Minat Beli pada Produk Kosmetik Wardah di Marketplace Shopee Mall (Studi Kasus pada Wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan), dibawah bimbingan Bapak Dadan Sundara, S.E, M.M.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Online Customer Review terhadap minat beli di Marketplace Shopee Mall baik secara parsial maupun simultan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi dan koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 27. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang merupakan masyarakat Rw.01 – 07, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Peneliti menggunakan Teknik nonpropability sampling dan Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling dengan memberikan kriteria tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial yang dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa variabel Kualitas Produk (2,412 > 1,991) dan sig 0,18 < 0,05 menggambarkan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Sedangkan variabel Online Customer Review (5,912 > 1,991) dan sig 0,00 < 0,05 menggambarkan Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Secara simultan variabel bebas Kualitas Produk dan Online Customer Review (115,817 > 3,12) dan sig 0,00 < 0,05 menggambarkan Kualitas Produk dan Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Minat Beli.
Saran bagi Perusahaan Shopee untuk mengoptimalkan strategi digital marketing, seperti mendorong konsumen memberikan ulasan lengkap (berupa rating, komentar, dan bukti visual) dan memperkuat promosi seperti flash sale, gratis ongkir, dan cashback. Langkah ini memperluas jangkauan pemasaran produk Wardah secara lebih efektif di marketplace.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
SITI ANISA SYAFITRI - Personal Name
|
Student ID/NPM |
01202140057
|
Dosen Pembimbing |
DADAN SUNDARA S.E, M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Enny Widayati, S.Mi, M.M - - Ketua Penguji/Penguji 1
RUDI LAKSONO,S.E.,M.P - - Anggota/Penguji 2 Febriyano manggala putra, B.Ba,MM - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
FAKULTAS EKONOMI/MANAJEMEN PEMASARAN
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-118
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |