ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES TERHADAP IKLAN ONE PIECE WE ARE ONE EPISODE 2

Detail Cantuman

Soft Copy

ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES TERHADAP IKLAN ONE PIECE WE ARE ONE EPISODE 2

XML

Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan daya tarik emosional adalah iklan. Signifikasi simbol-simbol daya tarik iklan tersebut merupakan fokus dari sebuah kajian semiotik. Semiotik adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda. Dengan menggunakan teori semiotik dalam membedah iklan, elemen-elemen iklan yang tidak terlihat jelas dapat dibedah. Elemen tersebut antara lain warna, visual atau lainnya. Dalam penelitian ini penulis memilih objek iklan sebuah serial komik fenomenal yaitu One Piece. One Piece sudah tercatat di Guiness World Record sebagai komik dengan salinan terbit dan terjual paling banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos serta makna pesan dari iklan One Piece We Are One Episode 2. Adapun teori semiotik yang digunakan adalah teori semiotik Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah analisis semiotik dengan mendeskripsikan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi denotatif iklan ini menceritakan tentang kehidupan penduduk urban di tengah kota, dari sisi konotatif menyampaikan pesan kesetaraan hak bagi perempuan dan dari sisi mitos menyampaikan pengaruh cerita One Piece kepada semangat perempuan dalam mewujudkan impian. Penulis juga membedah 5 kode narasi Roland Barthes, antara lain: kode hermeunetic digunakan pada dialog: “orang yang belum pernah membaca One Piece berarti belum hidup seutuhnya”. Kode proairetic digunakan saat tokoh utama iklan ini dengan yakin mengambil keputusan setelah membaca One Piece. Kode semantic ada pada penggambaran pekerjaan tokoh utama. Kode symbolic dapat dilihat pada antitesis dari sifat tokoh utama yaitu sifat pasangannya. Kode cultural ditemukan pada penggambaran tokoh utama bersama pasangannya yang tinggal bersama meskipun belum menikah.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
YAZID AKROMUDIN - Personal Name
Student ID/NPM
03201840017
Dosen Pembimbing
Misnan, S.S., M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Iswahyu Pranawukir S.Sn.,M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Agus Hitopa Sukma S,H.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2
Rezzi Nanda Barizki , S.I.Kom, M.M - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Prodi/Fakultas
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Jakarta.,
Edisi
Subyek
No Panggil
2022-57-249
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail