POLA KOMUNIKASI ORANG TUA ANAK AUTISME DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SLB C DHARMA ASIH DEPOK

Detail Cantuman

Soft Copy

POLA KOMUNIKASI ORANG TUA ANAK AUTISME DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SLB C DHARMA ASIH DEPOK

XML

Anak belajar menanggapi orang lain, mengenal dirinya, dan sekaligus belajar mengelola emosinya dari keluarga. Pengelolaan emosi sangat tergantung dari pola komunikasi yang diterapkan dalam keluarga, terutama dalam mendidik dan mengasuh anaknya. Dalam komunikasi antara orang tua dan anak autis harus disertai dengan kesabaran tingkat tinggi karena lambatnya penerimaan pesan serta sangat minimnya konsentrasi anak pada hal-hal di luar imajinasinya sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi orang tua terhadap anak penderita autisme dan mengetahui pembentukan kecerdasan emosional pada anak penderita autisme. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode field research dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan mengedit, mengklasifikasi, mereduksi, dan menyajikannya. Hasil penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak penyandang autis dalam berkomunikasi tidaklah mudah. Orang tua harus mempunyai kesabaran dan ketelitian dalam berkomunikasi dengan anak autis. Tidak selamanya anak autis bersikap diam, tetapi ada saat dimana anak autis merasakan tantrum jika merasa bosan dan tidak nyaman akan suatu keadaan. Anak autis lebih cenderung menggunakan kata-kata perintah, walaupun ketika anak autis diberikan perintah tidak dengan langsung menurutinya, biasanya anak autis akan langsung memperhatikan perintah apa yang disampaikan walaupun respon yang diberikan lambat. Dengan adanya beberapa perintah yang diberikan kepada anak autis maka hal tersebut menjadi suatu penyampaian pesan verbal yang sering digunakan oleh orang tua dibandingkan dengan menyampaikan pesan secara nonverbal. Kemandirian pada aspek intelektual anak autis dilihat dari adanya kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD SOQIFUL IKBAL - Personal Name
Student ID/NPM
03201840073
Dosen Pembimbing
Alamsyah, S.Sos, M.IKom - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Agus Hitopa Sukma S,H.,M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Iswahyu Pranawukir S.Sn.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2
Mayang Riyantie, S. Ikom, M.Ikom - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Prodi Ilmu Komunikasi/Fakultas Ilmu Sosial & Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2022-57-277
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail