POLA KOMUNIKASI BELAJAR MENGAJAR GURU DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PUTRA FITRI KEBAGUSAN

Detail Cantuman

Soft Copy

POLA KOMUNIKASI BELAJAR MENGAJAR GURU DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PUTRA FITRI KEBAGUSAN

XML

Pola komunikasi pengajar terhadap anak dapat memberikan masukan,
solusi dan untuk mempengaruhi mereka. Teknik komunikasi yang
disampaikan pengajar kepada anak yang memiliki pola pada diagnosa
yang berbeda – beda contohnya tunarungu adalah menggunakan bahasa
isyarat, tunagrahita menggunakan bahasa sederhana atau dua kata,
autisme penyampaikan secara berulang-ulang, menggunakan bahasa
tubuh dan berbicara penuh penekanan dan downsydrome kosakata
terbatas, tunawicara menggunakan bahasa isyarat, tunadaksa
penyampaian kata kurang jelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Pola Komunikasi Belajar Mengajar Anak Berkebutuhan
Khusus di Yayasan Putra Fitri Kebagusan dan mengetahui hambatan
pada pola komunikasi yang dilakukan oleh para pengajar. Guru yang
harus memiliki keterampilan dan kemampuan khusus untuk berkomunikasi
dengan siswa hiperaktif dan tuna rungu, agar guru dapat menyampaikan
bahan pelajaran sesuai dengan tujuan kurikulum yang berlaku.
Penggunaan komunikasi interpersonal guru dapat memberikan bahan
ajaran secara langsung, dan dapat langsung mengetahui hambatan yang
dihadapi. Metode penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data,
mereduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil
penelitian menunjukkan komunikasi interpersonal yang guru lakukan pada
siswa hiperaktif dalam proses belajar mengajar selalu diawali dengan
adanya interaksi. Pesan komunikator dari guru yang mengunakan pesan
verbal dan nonverbal terjadinya proses interaksi ini diluar kelas yang
sifatnya interaktif melalui media alat peraga, teks dan gambar kemudian
penerima (siswa) tunarungu akan memberi respon terhadap reaksi dari
makna pesan yang guru berikan seperti bertanya dan berdialog.
Hambatan dalam berkomunikasi guru dengan siswa hiperaktif dan anak
tuna rungu dipengaruhi oleh faktor psikologis maupun biologis.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
RIZKY NURMALLA - Personal Name
Student ID/NPM
03201840072
Dosen Pembimbing
H. Agus Hitopa Sukma,S.H.,M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Mayang Riyantie, S.I.Kom, M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Iswahyu Pranawukir, S.Sn, M.Ikom - - Anggota/Penguji 2
Alamsyah, S.I.Kom, M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Prodi Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2022-57-242
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail