ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA (SURVEI KONSUMEN KELURAHAN JAGAKARSA KOTA JAKARTA SELATAN)

Detail Cantuman

Soft Copy

ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA (SURVEI KONSUMEN KELURAHAN JAGAKARSA KOTA JAKARTA SELATAN)

XML

Tokopedia adalah sebuah marketplace yang berbasis di Indonesia, menyediakan layanan bagi penjual dan pembeli untuk berjualan dan berbelanja secara online. Misi Tokopedia memfasilitasi kemudahan akses berbisnis di era digital, serta memberikan beragam produk dan layanan bagi konsumen di seluruh Indonesia. Berdasarkan ajang Top Brands Awards kategori Situs Jual Beli Online Indonesia, selama lima tahun terakhir Tokopedia selalu kalah peringkat dari pesaingnya yaitu Shopee dan Lazada. Sehingga strategi Tokopedia masih perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini akan meneliti strategi yang harus dilaksanakan oleh Tokopedia melalui Digital Marketing dan Electronic Word of Mouth sehingga mampu unggul dari pesaingnya. Metode penelitian menggunakan teknik kuantitatif serta survey untuk pengumpulan data, selanjutnya diuji dengan SPSS versi 25. Temuan dari penelitian mengindikasikan variabel digital marketing memiliki pengaruh signifikan secara parsial sebesar 46,9% terhadap setiap keputusan pembelian di marketplace Tokopedia. Sementara itu, secara parsial variabel electronic word of mouth juga memberikan pengaruh sesuai sebesar 59% dalam pengambilan pembelian. Kedua variabel ini secara bersama- sama atau simultan memberikan kontribusi sebesar 68,3% terhadap keputusan pembelian. Agar pengaruh digital marketing semakin besar, Tokopedia dapat mengadakan kampanye iklan yang menarik dan menghasilkan konten berkualitas tinggi. Selain itu, memanfaatkan electronic word of mouth dengan memperhatikan pengalaman berbelanja supaya dapat membagikan pengalaman positif kepada orang lain. Saran ini diharapkan dapat memperkuat peran digital marketing serta electronic word of mouth dalam menguasai keputusan pembelian konsumen pada Tokopedia.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
FIRDA JULITA - Personal Name
Student ID/NPM
01201940154
Dosen Pembimbing
Enny WIdayati S.E, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. H.Danial Thaib, MM - - Ketua Penguji/Penguji 1
Ir. Dodi Wahab M.M - - Anggota/Penguji 2
Tagor Rambe. SE., M.M - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Prodi Manajemen/ Fakultas Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2023-57-003
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail