ANALISIS PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE (SURVEY KONSUMEN SHOPEE WARGA RW O6 KELURAHAN BEJI, DEPOK)

Detail Cantuman

Soft Copy

ANALISIS PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE (SURVEY KONSUMEN SHOPEE WARGA RW O6 KELURAHAN BEJI, DEPOK)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee (Survey Konsumen Shopee Warga Rw O6 Kelurahan Beji, Depok). Dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non–random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software microsoft excel dan SPSS Versi 28.
Berdasarkan hasil olah data uji T analisis pengaruh Electronic Word Of Mouth (X1) memiliki Thitung > Ttabel (5.268 > 2.011) menunjukan bahwa Electronic Word Of Mouth secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan koefisien korelasi E-Wom (Electronic Word Of Mouth) terhadap keputusan pembelian sebesar (0,877) artinya Electronic Word Of Mouth mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi besarnya pengaruh Electronic Word Of Mouth) terhadap keputusan pembelian di peroleh hasil sebesar (0,770). Hal ini menunjukan besarnya pengaruh Electronic Word Of Mouth sebesar 77% sedangkan sisanya 23% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Berdasarkan hasil olah data uji T menunjukan bahwa Viral Marketing (X2) memiliki Thitung (3.079 > Ttabel 2.011) artinya Viral Marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,834 menunjukan bahwa Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif. Hasil koefisien deteminasi besarnya pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian, diperoleh hasil sebesar 0,695. Hal ini menunjukan besarnya pengaruh Viral Marketing sebesar 69,5%, sedangkan sisanya 30,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Berdasarkan hasil olah data pada uji F terlihat menunjukan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (99.136 > 3.19) artinya Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi simultan sebesar 0,899 artinya antara Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian menunjukan adanya hubungan yang sangat kuat dan positif. Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing sebesar 0,808 atau 80,8% sedangkan 19,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
STARDIANUS NDRURU - Personal Name
Student ID/NPM
01201940167
Dosen Pembimbing
Ir. Dodi Wahab, MM - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
DR.H. DANIAL THAIB, S.E, M.M - - Ketua Penguji/Penguji 1
Ahmad Nurdin Hasibuan, S.E, M.M - - Anggota/Penguji 2
TAGOR RAMBE, S.E, M.M - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Fakultas Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2023-57-127
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail