PENGARUH REPUTASI AUDITOR, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2018-2021

Detail Cantuman

Soft Copy

PENGARUH REPUTASI AUDITOR, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2018-2021

XML

Fenomena yang sering terjadi pada saat perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO) adalah underpricing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari reputasi auditor, ukuran perusahaan dan reputasi underwriter terhadap underpricing saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 124 sampel dari 214 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana di BEI tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS Versi 26. Hasil penelitian pada uji T (secara parsial) menunjukkan bahwa reputasi auditor berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing saham, sedangkan ukuran perusahaan dan reputasi underwriter berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing saham. Hasil penelitian pada uji F (secara simultan) menunjukkan bahwa reputasi auditor, ukuran perusahaan, dan reputasi underwriter berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing saham. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat reputasi auditor akan mengurangi underpricing namun semakin besar ukuran perusahaan dan semakin tinggi reputasi underwriter maka tingkat underpricing tinggi. Serta variabel underpricing saham dapat dijelaskan sebanyak 8,5% oleh variabel reputasi auditor, ukuran perusahaan, dan reputasi underwriter.

Fenomena yang sering terjadi pada saat perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO) adalah underpricing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari reputasi auditor, ukuran perusahaan dan reputasi underwriter terhadap underpricing saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 124 sampel dari 214 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana di BEI tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS Versi 26. Hasil penelitian pada uji T (secara parsial) menunjukkan bahwa reputasi auditor berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing saham, sedangkan ukuran perusahaan dan reputasi underwriter berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing saham. Hasil penelitian pada uji F (secara simultan) menunjukkan bahwa reputasi auditor, ukuran perusahaan, dan reputasi underwriter berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing saham. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat reputasi auditor akan mengurangi underpricing namun semakin besar ukuran perusahaan dan semakin tinggi reputasi underwriter maka tingkat underpricing tinggi. Serta variabel underpricing saham dapat dijelaskan sebanyak 8,5% oleh variabel reputasi auditor, ukuran perusahaan, dan reputasi underwriter.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
PUTRI NOVIA RINI - Personal Name
Student ID/NPM
02201940029
Dosen Pembimbing
Penguji
Ir. Widjanarko, M.Si - - Ketua Penguji/Penguji 1
Dr. Zara Tania Rahmadi, S.E, M.Ak, BKP - - Anggota/Penguji 2
Diah Nurdiana. S.E,.M.Ak - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Akuntansi / Fakultas Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2023-57-084
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail