Soft Copy
KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NUR ABADI JAGAKARSA DALAM MEMBENTUK KARAKTER " SLEF HELP SKILL"
XML
Tunagrahita merupakan anak yang secara nyata mengalami hambatan dan perkembangan mental di bawah rata-rata anak lainnya, sehingga mengalami kesulitan dalam tugas akademik, komunikasi, maupun kehidupan sosial yang dijalankan setiap hari, sehingga membutuhkan pelayanan dan pendidikan yang khusus. Komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anak penyandang tunagrahita sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak dimana tumbuh kembangnya itu merupakan proses utama bagi seorang anak berkebutuhan khusus. Kemampuan anak tunagrahita dalam keterampilan bantu diri atau Self Help Skill dengan kata lain menolong diri sendiri merupakan hal yang sangat begitu penting karena sangat bermanfaat bagi anak-anak berkebutuhan khusus, contohnya seperti melakukan aktivitas di kehidupan sehari-hari seperti mandi, makan, memakai pakaian sendiri, dan bisa pergi ke kamar mandi sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain.
Komunikasi interpersonal orang tua dengan anak tunagrahita dalam membentuk karakter self help skill di SLB Nur Abadi Jagakarsa mengedepankan karakteristik komunikasi interpersonal seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Melalui komunikasi interpersonal orang tua melakukan pendekatan melalui komunikasi secara tatap muka langsung dalam bentuk komunikasi verbal maupun nonverbal dalam mengajari anak keterampilan menolong diri sendiri (self help skill) self help skill sederhana yang ditemukan dalam penelitian ini diantaranya makan sendiri, mandi sendiri, memakai baju sendiri (bukan baju berkancing), dan menggunakan benda-benda rumah yang sederhana seperti sapu dan kain pel.
Dalam membentuk karakter self help skill hambatan yang terjadi terutama hambatan fisik dari anak tunagrahita yaitu daya tangkap anak tunagrahita dalam menangkap pesan yang disampaikan sangat lemah, emosi anak tunagrahita yang tidak bisa terkontrol, dan hambatan semantik yaitu kemampuan untuk berbicara anak tunagrahita yang sulit dipahami orang lain.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
MUTIARA RAMADITA - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03201940064
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
H Agus Hitopa Sukma, S.H., M.lkom ) - - Ketua Penguji/Penguji 1
Iswahyu Pranawukir S.Sn.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Hiswanti S.Sos., M.Ikom - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Prodi Administrasi Bisnis/Fakultas Ilmu Sosial & Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2023 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2023-57-069
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |