Soft Copy
KOMUNIKASI PEMASARAN RARA AQUATIK SWIMMING SCHOOL (RASS) JAKARTA DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN
XML
Derasnya arus urbanisasi ke kota-kota besar di Indonesia mempersempit lahan ruang hunian pada masyarakat diperkotaan, salah satunya di Jakarta. Meningkatnya jumlah penduduk yang sudah sibuk dengan hiruk pikuk kegiatan sehari-hari, sehingga kemudian melahirkan model gaya hidup warga perkotaan khususnya Jakarta Selatan yang fokus pada kesehatan dalam aktifitas mengolahragakan tubuh. Hal ini dijadikan celah tersendiri oleh Rara Aquatik, untuk merebut pangsa pasar bisnis model komunikasi pemasaran melalui jasa dengan membuka bisnis model kursus sekolah renang ditengah minimnya keberadaan kolam renang untuk publik di Jakarta Selatan. Beberapa dari orang tua yang berkeinginan menyekolahkan anaknya ke Rara Aquatik juga memiliki misi lebih agar anaknya bisa memiliki kompetensi masuk pelatnas nasional sebagai atlit renang, polo air dan olahraga air lain-lainnya. Berdasarkan identifikasi masalah diatas penulis ingin mengetahui lebih mendalam, bagaimanakah model komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rara Aquatik dalam meningkatkan minat konsumen, strategi komunikasi pemasaran unik apakah yang dilancarkan oleh Rara Aquatik sehingga memiliki banyak konsumen, apa saja yang menjadi penghambat serta kendala yang mengurangi peningkatan minat konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan teori-teori yang digunakan adalah strategi komunikasi, komunikasi pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix) 4P ke 7P, serta tinjauan pustaka terkait olahraga renang disertai teknik pengumpulan data melalui langkah-langkah observasi, wawancara terstruktur, studi dokumentasi, dan data yang ada digeneralisasi lalu kemudian dianalisis model pemasaran Kotler. Data yang didapat kemudian digeneralisasi lalu kemudian dianalisis model pemasaran Kotler. Hasil penelitian komunikasi pemasaran Rara Aquatik dalam meningkatkan minat konsumen yakni dengan strategi komunikasi pemasaran yang menjadi keunikan dengan mengedepankan strategi produk/servise berupa pilihan paket renang (diferensiasi produkI yang disediakan dan ditawarkan serta strategi harga memberikan diskon khusus bagi kelas private maupun kelas renang berkelompok serta pendekatan segmentasi lokasi dari strategi place (lokasi) dan kenyamanan (physical evidence) untuk menggaet pelanggan disekitar kolam renang dari bentuk word of mouth rekomendasi dari siswa renang RASS kepada kerabat, teman melalui orang tua siswa yang mendapatkan kepuasan dan pengalaman terbaik. Sedangkan yang menjadi kendala adalah SDM (people) untuk mendapatkn pelatih renang yang berkompeten dibidangnya, dan tenaga administator serta tidak mudahnya mendapattkan fasilitas kolam renang di Jakarta Selatan yang memadai dan bisa bekerjasama dengan RASS Aquatik
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
HABIBUROHMAN - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03201940093
|
Dosen Pembimbing |
Agus Hitopa Sukma S, S.H.,M.I.KOM - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Iswahyu Pranawukir, M.I.Kom, S.Sn - - Ketua Penguji/Penguji 1
Misnan, S.S., M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Maria Jashinta, S.I.Kom, M.I.Kom. - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2023 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2023-57-059
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |