Soft Copy
SISTEM PAKAR DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER DIAGNOSIS GANGGUAN LAYANAN FIBER OPTIK DI PT. PUTRA TIMUR JAYA PANCORAN MAS DEPOK
XML
Telkom merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengembangkan produk Indihome (Indonesian Digital Home) sebagai paket layanan telekomunikasi telepon (suara), Internet (Internet serat optik) dan layanan televisi kabel. Layanan rumah individu berkembang cukup pesat. Namun, masih terdapat berbagai gangguan terhadap kelangsungan ketersediaan layanan PT Telkom, sehingga kualitas layanan tidak optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah aplikasi untuk mendiagnosa service error dengan menggunakan metode Dempster-Shafer yang mengukur nilai confidence dari hasil analisis yang ditampilkan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pakar yang mendiagnosa kegagalan layanan Indihome. Sistem secara otomatis memberikan hasil diagnosa yang menunjukkan jenis kerusakan dan solusinya berdasarkan gejala kerusakan yang terjadi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem pakar dengan metode Dempster-Shafer untuk mengatasi ketidakpastian data dalam mendiagnosa gangguan layanan di Indihome sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah penurunan kualitas layanan
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Fitry - Personal Name
|
Student ID/NPM |
05201940008
|
Dosen Pembimbing |
Rino Subekti, S.Kom., M.Kom - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Nuraini Purwandari, S.T., MMSI - - Ketua Penguji/Penguji 1
Boy Firmansyah, S.Kom., M.Kom - - Anggota/Penguji 2 Syamsu Hidayat, ST. S.KOM. M.KOM - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
55201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Prodi Teknik Informatika/Fakultas Ilmu Komputer
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2023 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2024-57-229
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |