Soft Copy
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LAYANAN ONLINE COURSE VOCASIA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH USER
XML
Vocasia merupakan perusahaan penyedia layanan marketplace platform untuk pendidikan berbasis digital multicategory untuk berbagai keahlian dan pengetahuan yang disusun secara terstruktur. Vocasia merupakan bentuk pelatihan yang berfokus di ranah daring diantaranya: online courses, masterclass, online workshop/bootcamp & online event. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran layanan online course Vocasia dalam meningkatkan jumlah user, serta hambatan yang dihadapi layanan online course Vocasia. Metode penelitian yang digunakan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teori komunikasi pemasaran yang digunakan yaitu bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix) diantaranya: Public relations, kegiatan yang dilakukan yaitu dengan komunikasi dua arah, menjalin hubungan baik dengan mitra kerjasama, dan kegiatan webinar event. Advertising, yaitu dengan pemanfaatan digital marketing, tagline pada koten Vocasia, dan media sosial. Personal selling, yaitu dengan melakukan presentasi secara langsung ke sekolah-sekolah. Sales promotion, yaitu pemberian diskon pada tanggal kembar, hari besar, dan pemberian voucher kursus. Direct marketing yaitu e-mail marketing, katalog marketing dan telemarketing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Vocasia melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah user melalui strategi bauran komunikasi pemasaran. Vocasia melakukan kegiatan promosi penjualan seperti diskon musiman atau pada hari besar, pembuatan konten yang dapat menarik calon customer, membuat konten edukasi dan informasi seperti blog, artikel, dan video tutorial tentang topik-topik yang relevan dengan kursus yang ditawarkan oleh Vocasia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Vocasia memiliki peran yang signifikan dalam menjalankan roda bisnisnya. Strategi komunikasi pemasaran memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan jumlah pengguna layanan Vocasia.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
Cahaya Yesika Nababan - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03202040075
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Hiswanti, S.Sos., M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Misnan, S.S, M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Rezzi Nanda Barizki, S.I.Kom., M.M - - Anggota/Penguji 2 Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2024 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2024-57-316
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |