PENGARUH KREDIT MACET, PERMODALAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2018-2022

Detail Cantuman

Soft Copy

PENGARUH KREDIT MACET, PERMODALAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2018-2022

XML

Tujuan Penelitian ini 1) Untuk mengetahui pengaruh NPL terhadap ROA. 2) Untuk mengetahui pengaruh CAR terhadap ROA. 3) Untuk mengetahui pengaruh LDR terhadap ROA. 4) Untuk mengetahui pengaruh NPL, CAR dan LDR terhadap ROA.
Hasil penelitian menunjukkan Kredit Macet (NPL) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,304 dan hasil uji t untuk diperoleh sebesar -3,643 > 1.9934 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dibandingkan taraf signifikansi yang ditetapkan (0,001 < 0,05). Dapat dikatakan bahwa setiap terjadi kenaikan NPL sebesar satu satuan maka ROA akan mengalami penurunan. Nilai R Square NPL adalah 0,119 yang mana menunjukkan bahwa variabel NPL mempunyai pengaruh sebesar 11,9% terhadap variabel ROA.
Permodalan (CAR) tidak memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,007 dan hasil uji t untuk variabel NPL diperoleh sebesar -0,350 dengan tingkat signifikansi lebih besar dibandingkan taraf signifikansi yang ditetapkan (0,728 > 0,05).
Likuiditas (LDR) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,019 dan hasil uji t untuk variabel NPL diperoleh sebesar -2,286 dimana lebih kecil dari t tabel (-2,286 > 1,9934) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dibandingkan taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,025 < 0,05). Nilai R Square LDR adalah 0,36 yang mana menunjukkan bahwa variabel LDR mempunyai pengaruh sebesar 3,6% terhadap variabel ROA.
NPL, CAR dan LDR memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap ROA. Dimana diperoleh Hasil uji F dengan nilai 5,573 > 2,73 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Nilai (R2) adalah 0,156 hal ini menunjukkan bahwa ROA dipengaruhi oleh NPL, CAR dan LDR sebesar 15,6% dan untuk Nilai korelasi sebesar 0,437 berada pada rentang “0,401-0,600” maka dapat disimpulkan bahwa variabel NPL, CAR dan LDR secara simultan memiliki korelasi sedang atau korelasi cukup kuat.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DIDIN SAEPUDIN - Personal Name
Student ID/NPM
01202247012
Dosen Pembimbing
Ahmad Nurdin Hasibuan, S.E, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Rudi Laksono, S.E.M.P - - Ketua Penguji/Penguji 1
Medy Desma Fatwara, S.E,M.M - - Anggota/Penguji 2
Andri Faisal R. S.Pt.,MSM - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Prodi Manajemen /Fakultas Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2024-57-391
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail