Soft Copy
PENGARUH KREDIT MACET, PERMODALAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2018-2022
XML
Tujuan Penelitian ini 1) Untuk mengetahui pengaruh NPL terhadap ROA. 2) Untuk mengetahui pengaruh CAR terhadap ROA. 3) Untuk mengetahui pengaruh LDR terhadap ROA. 4) Untuk mengetahui pengaruh NPL, CAR dan LDR terhadap ROA.
Hasil penelitian menunjukkan Kredit Macet (NPL) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,304 dan hasil uji t untuk diperoleh sebesar -3,643 > 1.9934 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dibandingkan taraf signifikansi yang ditetapkan (0,001 < 0,05). Dapat dikatakan bahwa setiap terjadi kenaikan NPL sebesar satu satuan maka ROA akan mengalami penurunan. Nilai R Square NPL adalah 0,119 yang mana menunjukkan bahwa variabel NPL mempunyai pengaruh sebesar 11,9% terhadap variabel ROA.
Permodalan (CAR) tidak memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,007 dan hasil uji t untuk variabel NPL diperoleh sebesar -0,350 dengan tingkat signifikansi lebih besar dibandingkan taraf signifikansi yang ditetapkan (0,728 > 0,05).
Likuiditas (LDR) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,019 dan hasil uji t untuk variabel NPL diperoleh sebesar -2,286 dimana lebih kecil dari t tabel (-2,286 > 1,9934) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dibandingkan taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,025 < 0,05). Nilai R Square LDR adalah 0,36 yang mana menunjukkan bahwa variabel LDR mempunyai pengaruh sebesar 3,6% terhadap variabel ROA.
NPL, CAR dan LDR memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap ROA. Dimana diperoleh Hasil uji F dengan nilai 5,573 > 2,73 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Nilai (R2) adalah 0,156 hal ini menunjukkan bahwa ROA dipengaruhi oleh NPL, CAR dan LDR sebesar 15,6% dan untuk Nilai korelasi sebesar 0,437 berada pada rentang “0,401-0,600” maka dapat disimpulkan bahwa variabel NPL, CAR dan LDR secara simultan memiliki korelasi sedang atau korelasi cukup kuat.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
DIDIN SAEPUDIN - Personal Name
|
Student ID/NPM |
01202247012
|
Dosen Pembimbing |
Ahmad Nurdin Hasibuan, S.E, M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Rudi Laksono, S.E.M.P - - Ketua Penguji/Penguji 1
Medy Desma Fatwara, S.E,M.M - - Anggota/Penguji 2 Andri Faisal R. S.Pt.,MSM - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Prodi Manajemen /Fakultas Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2024 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2024-57-391
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |