KAMPANYE PUBLIC RELATIONS GREENPEACE INDONESIA DALAM MEMBENTUK KESADARAN MASYARAKAT MELALUI MEDIA INSTAGRAM

Detail Cantuman

Soft Copy

KAMPANYE PUBLIC RELATIONS GREENPEACE INDONESIA DALAM MEMBENTUK KESADARAN MASYARAKAT MELALUI MEDIA INSTAGRAM

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan kampanye Public Relations yang difokuskan pada inisiatif “Stop Perbudakan Modern di Laut” oleh Greenpeace Indonesia. Kampanye ini merupakan bagian dari gerakan advokasi untuk menghentikan dan mencegah praktik perbudakan modern yang terjadi di sektor kelautan, khususnya dalam industri perikanan dan pelayaran. Penelitian ini melibatkan Tim Komunikasi Greenpeace Indonesia dan followers akun Instagram @greenpeaceid sebagai subjek utama untuk memahami dampak kampanye terhadap kesadaran masyarakat dan perubahan perilaku setelah terpapar pesan kampanye tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bagaimana Greenpeace Indonesia, sebagai organisasi aktivis non-pemerintah, mengelola dan menyampaikan pesan kampanye melalui strategi Public Relations yang mencakup identifikasi masalah, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini juga menyoroti efektivitas publikasi konten kampanye dalam membangun kesadaran masyarakat serta dampak positif yang dirasakan oleh publik dan followers @greenpeaceid.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ZAHRA ANDINI PUTRI - Personal Name
Student ID/NPM
03201940061
Dosen Pembimbing
Iswahyu Pranawukir S.Sn,M.Ikom - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Rezzi Nanda Barizki, S.I.Kom, M.M - - Ketua Penguji/Penguji 1
Mayang Riyantie, S. Ikom, M.Ikom - - Anggota/Penguji 2
Agus Hitopa Sukma, S.H., M.Ikom - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK/ILMU KOMUNIKASI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-026
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail