Soft Copy
KAMPANYE PUBLIC RELATIONS GREENPEACE INDONESIA DALAM MEMBENTUK KESADARAN MASYARAKAT MELALUI MEDIA INSTAGRAM
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan kampanye Public Relations yang difokuskan pada inisiatif “Stop Perbudakan Modern di Laut” oleh Greenpeace Indonesia. Kampanye ini merupakan bagian dari gerakan advokasi untuk menghentikan dan mencegah praktik perbudakan modern yang terjadi di sektor kelautan, khususnya dalam industri perikanan dan pelayaran. Penelitian ini melibatkan Tim Komunikasi Greenpeace Indonesia dan followers akun Instagram @greenpeaceid sebagai subjek utama untuk memahami dampak kampanye terhadap kesadaran masyarakat dan perubahan perilaku setelah terpapar pesan kampanye tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bagaimana Greenpeace Indonesia, sebagai organisasi aktivis non-pemerintah, mengelola dan menyampaikan pesan kampanye melalui strategi Public Relations yang mencakup identifikasi masalah, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini juga menyoroti efektivitas publikasi konten kampanye dalam membangun kesadaran masyarakat serta dampak positif yang dirasakan oleh publik dan followers @greenpeaceid.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
ZAHRA ANDINI PUTRI - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03201940061
|
Dosen Pembimbing |
Iswahyu Pranawukir S.Sn,M.Ikom - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Rezzi Nanda Barizki, S.I.Kom, M.M - - Ketua Penguji/Penguji 1
Mayang Riyantie, S. Ikom, M.Ikom - - Anggota/Penguji 2 Agus Hitopa Sukma, S.H., M.Ikom - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK/ILMU KOMUNIKASI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2023 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-026
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |