Soft Copy
ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE PADA KOMUNIKASI VISUAL LOGO KS GROUP
XML
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi visual logo KS Group dalam mengungkap makna dan pesan simbolik yang terkandung di dalamnya. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari pentingnya logo sebagai identitas visual perusahaan yang merepresentasikan nilai, visi, dan misi perusahaan kepada audiens. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce yang membagi tanda menjadi tiga komponen utama, yaitu representamen, objek, dan interpretant. Pendekatan ini membantu memahami bagaimana elemen visual dalam logo dapat berfungsi sebagai media komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan analisis semiotika Charles Sanders Peirce, hasil penelitian ini mendapati bahwa logo KS Group merepresentasikan identitas dan nilai perusahaan melalui elemen visual seperti Burung Phoenix, warna biru, hijau, dan tipografi sans-serif. Burung Phoenix melambangkan kebangkitan, inovasi, dan kemampuan bertransformasi, sedangkan warna biru merepresentasikan profesionalisme dan stabilitas, serta warna hijau melambangkan pertumbuhan dan keberlanjutan. Tipografi sans-serif menunjukkan kesan modern dan keterbacaan. Kombinasi elemen tersebut membentuk citra KS Group sebagai perusahaan yang adaptif, inovatif, dan peduli lingkungan. Melalui pendekatan semiotika, logo ini tidak hanya sebagai identitas visual, tetapi juga sarana komunikasi yang memperkuat pesan dan visi perusahaan berorientasi pada masa depan.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
MUHAMAD ARIF RAHMAN - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03202040031
|
Dosen Pembimbing |
ISWAHYU PRANAWUKIR, S.SN., M.IKOM. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Agus Hitopa Sukma, S.H M.Ikom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Misnan, S.S.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 ALAMSYAH S.Sos., - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK/ILMU KOMUNIKASI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-036
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |