KOMUNIKASI PEMASARAN PT. DICIRI DALAM MENARIK MINAT PELAKU BISNIS UMKM DI KOTA BOGOR

Detail Cantuman

Soft Copy

KOMUNIKASI PEMASARAN PT. DICIRI DALAM MENARIK MINAT PELAKU BISNIS UMKM DI KOTA BOGOR

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai tantangan, seperti keterbatasan anggaran UMKM dalam menggunakan jasa pelayanan pemasaran dan PT Diciri yang mengandalkan komunikasi pemasaran dalam bisnisnya. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran sebagai landasan dalam memahami bagaimana PT Diciri membangun hubungan dengan UMKM melalui bauran pemasaran (7P), yang meliputi produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik. Selanjutnya bauran promosi meliputi periklanan, personal selling, sales promotion, public relations dan direct marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak PT Diciri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran PT Diciri efektif dalam menarik minat UMKM, namun terdapat hambatan seperti keterbatasan sumber daya manusia, anggaran yang tidak konsisten, dan proses persetujuan yang memakan waktu. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan komunikasi internal dan edukasi kepada klien untuk memperkuat pelayanan di masa mendatang. Hasil penelitian, PT Diciri berhasil menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan menggabungkan pendekatan online dan offline melalui elemen bauran pemasaran (7P) dan bauran promosi seperti digital marketing, direct marketing melalui WhatsApp, serta networking. Penggunaan teknologi seperti Digital Customer Relationship Management (DCRM) dan aplikasi Diciri Mobile memperkuat transparansi dan interaksi dengan klien. Namun, perusahaan menghadapi hambatan seperti miskomunikasi terkait ekspektasi layanan, keterbatasan sumber daya manusia, proses persetujuan yang memakan waktu, serta ketidaksesuaian anggaran dari UMKM. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan manajemen komunikasi internal, edukasi kepada klien, dan efisiensi dalam proses administrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ADINDA SEPTIA WAHYUNI - Personal Name
Student ID/NPM
03202040090
Dosen Pembimbing
Agus Hitopa Sukma, S.H., M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Misnan, S.S.,M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2
Alamsyah, S.Sos.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK/ILMU KOMUNIKASI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-062
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail