Soft Copy
KOMUNIKASI PEMASARAN PT. DICIRI DALAM MENARIK MINAT PELAKU BISNIS UMKM DI KOTA BOGOR
XML
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai tantangan, seperti keterbatasan anggaran UMKM dalam menggunakan jasa pelayanan pemasaran dan PT Diciri yang mengandalkan komunikasi pemasaran dalam bisnisnya. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran sebagai landasan dalam memahami bagaimana PT Diciri membangun hubungan dengan UMKM melalui bauran pemasaran (7P), yang meliputi produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik. Selanjutnya bauran promosi meliputi periklanan, personal selling, sales promotion, public relations dan direct marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak PT Diciri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran PT Diciri efektif dalam menarik minat UMKM, namun terdapat hambatan seperti keterbatasan sumber daya manusia, anggaran yang tidak konsisten, dan proses persetujuan yang memakan waktu. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan komunikasi internal dan edukasi kepada klien untuk memperkuat pelayanan di masa mendatang. Hasil penelitian, PT Diciri berhasil menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan menggabungkan pendekatan online dan offline melalui elemen bauran pemasaran (7P) dan bauran promosi seperti digital marketing, direct marketing melalui WhatsApp, serta networking. Penggunaan teknologi seperti Digital Customer Relationship Management (DCRM) dan aplikasi Diciri Mobile memperkuat transparansi dan interaksi dengan klien. Namun, perusahaan menghadapi hambatan seperti miskomunikasi terkait ekspektasi layanan, keterbatasan sumber daya manusia, proses persetujuan yang memakan waktu, serta ketidaksesuaian anggaran dari UMKM. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan manajemen komunikasi internal, edukasi kepada klien, dan efisiensi dalam proses administrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
ADINDA SEPTIA WAHYUNI - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03202040090
|
Dosen Pembimbing |
Agus Hitopa Sukma, S.H., M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Misnan, S.S.,M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Alamsyah, S.Sos.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK/ILMU KOMUNIKASI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | : Jakarta., 2025 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-062
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |