KEGIATAN ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN KOMUNITAS SEPEDA ANAK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Detail Cantuman

Soft Copy

KEGIATAN ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN KOMUNITAS SEPEDA ANAK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penurunan jumlah anggota baru Komunitas Roam_UI Balance Bike Academy pada periode pembukaan pendaftaran tiap batch tahun 2024–2025. Penurunan ini menjadi indikator perlunya evaluasi terhadap strategi komunikasi yang digunakan, khususnya melalui media sosial Instagram sebagai kanal utama promosi. Selain itu, belum adanya penelitian yang secara khusus mengkaji bauran komunikasi pemasaran dalam konteks komunitas sepeda anak turut memperkuat urgensi penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran yang mencakup delapan elemen, iklan, promosi penjualan, event, public relations, direct marketing, interactive marketing, word of mouth, dan personal selling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam kepada pengurus komunitas dan triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relations dan word of mouth merupakan elemen paling dominan dalam membangun citra komunitas dan menarik partisipasi baru. Namun, hambatan komunikasi juga ditemukan, terutama pada aspek organisasi, seperti keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya evaluasi, dan ketidakteraturan perencanaan konten, yang berdampak pada ketidakefisienan promosi. Oleh karena itu, dibutuhkan perbaikan dalam struktur kerja, manajemen konten, dan penguatan tim media sosial untuk mendukung upaya pencapaian target rekrutmen anggota baru.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DAM FATURRAHMAN - Personal Name
Student ID/NPM
03202140045
Dosen Pembimbing
Misnan, S.S , M.I.KOM. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Agus hitopa sukma, S.H., M.I.KOM. - - Ketua Penguji/Penguji 1
Iswahyu pranawukir, S.Sn., M.I.KOM. - - Anggota/Penguji 2
Alamsyah,S.Sos.,M.I.Kom. - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
1
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
ILMU KOMUNIKASI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-084
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail