Soft Copy
PENGARUH CONTENT CREATOR DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E – WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA KOSGORO 1957)
XML
SALSABILLA PUTRI MAHAWANI (NPM. 01202140055)
Pengaruh Content Creator dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957), di bawah bimbingan Bapak Ir. Dodi Wahab, M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Content Creator terhadap keputusan pembelian, pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh keduanya secara simultan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi di Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Content Creator berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan melalui uji T, dengan nilai thitung sebesar 2,018 > ttabel sebesar 2,011 dan nilai signifikansi 0,049 < α = 0,05. Selain itu, nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,769 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Content Creator dan keputusan pembelian.
Selanjutnya, E-WOM tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 1,926 < ttabel sebesar 2,011, dan nilai signifikansi 0,060 > α = 0,05, serta koefisien korelasi parsial sebesar 0,767, yang menunjukkan hubungan yang kuat antara E-WOM dan keputusan pembelian.
Adapun pengujian secara simultan menunjukkan bahwa Content Creator dan E-WOM secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan melalui uji F, di mana nilai Fhitung sebesar 38,438 > Ftabel sebesar 3,195 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < α = 0,05. Koefisien korelasi simultan sebesar 0,788 mengindikasikan adanya hubungan yang kuat dan positif antara kedua variabel terhadap keputusan pembelian.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
SALSABILLA PUTRI MAHAWANI - Personal Name
|
Student ID/NPM |
01202140055
|
Dosen Pembimbing |
Ir.Dodi Wahab M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Enny Widayati, S.Mi, M.M - - Ketua Penguji/Penguji 1
RUDI LAKSONO,S.E.,M.P - - Anggota/Penguji 2 Febryano Manggala Putra, BBA, M.M - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
FAKULTAS EKONOMI/MANAJEMEN
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-142
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |