STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN PT ROYAL TOUR HARAMAIN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN

Detail Cantuman

Soft Copy

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN PT ROYAL TOUR HARAMAIN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN

XML

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh PT Royal Tour Haramain dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis penyedia layanan umrah dan haji serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam proses komunikasi tersebut. Di tengah meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji, persaingan antarperusahaan penyedia layanan umrah dan haji semakin ketat. Kondisi ini menuntut perusahaan untuk tidak hanya menawarkan produk terbaik, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan agar kerja sama dapat berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis bagaimana karyawan PT Royal Tour Haramain menerapkan strategi komunikasi interpersonal dalam menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan travel. Data yang didapat diperoleh dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa karyawan PT Royal Tour Haramain menerapkan lima aspek komunikasi interpersonal menurut Joseph A. DeVito, yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Pendekatan ini mampu membangun kepercayaan dan memperkuat loyalitas pelanggan, sehingga mendukung terciptanya hubungan jangka panjang. Temuan ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal yang berperan penting dalam menjaga kerja sama bisnis di tengah tingginya persaingan industri umrah dan haji


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
FATHIA ADELIA - Personal Name
Student ID/NPM
03202140049
Dosen Pembimbing
ALAMSYAH, S.Sos.,M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Agus Hitopa Sukma, S.H M.Ikom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Dr. Hiswanti, S.Sos.M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2
Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-239
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail