Soft Copy
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN PT ROYAL TOUR HARAMAIN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
XML
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh PT Royal Tour Haramain dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis penyedia layanan umrah dan haji serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam proses komunikasi tersebut. Di tengah meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji, persaingan antarperusahaan penyedia layanan umrah dan haji semakin ketat. Kondisi ini menuntut perusahaan untuk tidak hanya menawarkan produk terbaik, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan agar kerja sama dapat berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis bagaimana karyawan PT Royal Tour Haramain menerapkan strategi komunikasi interpersonal dalam menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan travel. Data yang didapat diperoleh dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa karyawan PT Royal Tour Haramain menerapkan lima aspek komunikasi interpersonal menurut Joseph A. DeVito, yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Pendekatan ini mampu membangun kepercayaan dan memperkuat loyalitas pelanggan, sehingga mendukung terciptanya hubungan jangka panjang. Temuan ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal yang berperan penting dalam menjaga kerja sama bisnis di tengah tingginya persaingan industri umrah dan haji
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
FATHIA ADELIA - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03202140049
|
Dosen Pembimbing |
ALAMSYAH, S.Sos.,M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Agus Hitopa Sukma, S.H M.Ikom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Dr. Hiswanti, S.Sos.M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-239
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |