STRATEGI VISUAL BRANDING KALDI.ID MELALUI DESAIN LOGO DALAM MEMBANGUN BRAND IDENTITY (Studi Deskriptif pada Kaldi.id Cabang Sawangan, Depok)

Detail Cantuman

Soft Copy

STRATEGI VISUAL BRANDING KALDI.ID MELALUI DESAIN LOGO DALAM MEMBANGUN BRAND IDENTITY (Studi Deskriptif pada Kaldi.id Cabang Sawangan, Depok)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi visual Branding Kaldi.id melalui desain logo dalam membangun brand identity yang kuat dan unik di tengah persaingan industri resto & coffee. Fokus kajian diarahkan pada kesesuaian elemen desain logo dengan nilai dan konsep yang diusung Kaldi.id, serta penerapan tahapan strategi visual Branding menurut Marty Neumeier. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dilaksanakan di Kaldi.id cabang Sawangan, Depok. Informan penelitian terdiri dari satu informan internal (CEO & Founder Kaldi.id) dan lima informan eksternal (konsumen) yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain logo Kaldi.id terinspirasi dari jejak kaki kambing (footprint) yang merujuk pada kisah historis penemuan kopi oleh Kaldi. Filosofi ini mencerminkan nilai “humble” dan membumi yang ingin ditanamkan brand. Tipografi tebal memperkuat kesan profesional dan keterbacaan. Pemilihan warna biru navy berfungsi sebagai pembeda dari kompetitor, menciptakan kesan tenang, nyaman, dan membangun kepercayaan konsumen. Kaldi.id berhasil memenuhi lima tahap strategi visual branding: differentiate melalui logo abstrak yang memancing rasa penasaran, collaboration dengan vendor branding, innovate melalui pemilihan bentuk dan warna yang tidak umum, validate melalui respons positif audiens meski terdapat beragam interpretasi, serta cultivate lewat konsistensi penggunaan logo di berbagai media. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa strategi visual branding Kaldi.id efektif dalam menciptakan diferensiasi, meningkatkan brand recall, dan membangun brand identity. Namun, adanya interpretasi visual yang beragam menunjukkan perlunya penguatan komunikasi makna logo agar persepsi konsumen selaras dengan citra yang diinginkan brand.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
NURUL ADINDA - Personal Name
Student ID/NPM
03202140061
Dosen Pembimbing
Rezzi Nanda Barizki S.I.Kom.,M.M - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Erita Riski Putri, S.Sos., M.Si - - Ketua Penguji/Penguji 1
Alamsyah, S.Sos.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2
Aris Fatoni, S.Sos., M.A - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Ilmu komunikasi/Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-242
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail