Soft Copy
STRATEGI VISUAL BRANDING KALDI.ID MELALUI DESAIN LOGO DALAM MEMBANGUN BRAND IDENTITY (Studi Deskriptif pada Kaldi.id Cabang Sawangan, Depok)
XML
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi visual Branding Kaldi.id melalui desain logo dalam membangun brand identity yang kuat dan unik di tengah persaingan industri resto & coffee. Fokus kajian diarahkan pada kesesuaian elemen desain logo dengan nilai dan konsep yang diusung Kaldi.id, serta penerapan tahapan strategi visual Branding menurut Marty Neumeier. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dilaksanakan di Kaldi.id cabang Sawangan, Depok. Informan penelitian terdiri dari satu informan internal (CEO & Founder Kaldi.id) dan lima informan eksternal (konsumen) yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain logo Kaldi.id terinspirasi dari jejak kaki kambing (footprint) yang merujuk pada kisah historis penemuan kopi oleh Kaldi. Filosofi ini mencerminkan nilai “humble” dan membumi yang ingin ditanamkan brand. Tipografi tebal memperkuat kesan profesional dan keterbacaan. Pemilihan warna biru navy berfungsi sebagai pembeda dari kompetitor, menciptakan kesan tenang, nyaman, dan membangun kepercayaan konsumen. Kaldi.id berhasil memenuhi lima tahap strategi visual branding: differentiate melalui logo abstrak yang memancing rasa penasaran, collaboration dengan vendor branding, innovate melalui pemilihan bentuk dan warna yang tidak umum, validate melalui respons positif audiens meski terdapat beragam interpretasi, serta cultivate lewat konsistensi penggunaan logo di berbagai media. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa strategi visual branding Kaldi.id efektif dalam menciptakan diferensiasi, meningkatkan brand recall, dan membangun brand identity. Namun, adanya interpretasi visual yang beragam menunjukkan perlunya penguatan komunikasi makna logo agar persepsi konsumen selaras dengan citra yang diinginkan brand.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
NURUL ADINDA - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03202140061
|
Dosen Pembimbing |
Rezzi Nanda Barizki S.I.Kom.,M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Erita Riski Putri, S.Sos., M.Si - - Ketua Penguji/Penguji 1
Alamsyah, S.Sos.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Aris Fatoni, S.Sos., M.A - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Ilmu komunikasi/Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-242
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |