POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK BAABUSSALAAM DEPOK

Detail Cantuman

Soft Copy

POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK BAABUSSALAAM DEPOK

XML

Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan fondasi krusial bagi pertumbuhan holistik mereka. Namun, masih terdapat tantangan dalam pola komunikasi guru yang efektif untuk pembentukan karakter, seperti kurangnya perhatian terhadap komunikasi interpersonal, rendahnya pengarahan, kurangnya motivasi belajar anak dan perhatian orang tua, keterbatasan waktu pembelajaran, serta hambatan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi interpersonal guru dalam pembentukan karakter anak di TK Baabussalaam Depok, serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam proses tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma interpretatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tiga guru dan tiga orang tua, observasi partisipatif kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, didukung oleh Teori Stimulus Organism Response (SOR) untuk memahami bagaimana proses komunikasi guru (stimulus) terhadap anak (organisme) dan pengembangan karakter (respons). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Baabussalaam Depok menerapkan pola komunikasi interaktif, menggunakan bahasa sederhana, pendekatan hangat dan suportif, serta isyarat verbal dan nonverbal positif untuk membangun kepercayaan dan rasa aman. Anak-anak merespons dengan perubahan perilaku (disiplin, rapi), sikap (jujur, percaya diri), dan internalisasi nilai-nilai karakter berdasarkan 9 pilar Ratna Megawangi. Meskipun hambatan yang terdiri dari perubahan suasana hati, kesulitan fokus, perbedaan kepribadian anak, keterbatasan waktu, serta kurangnya dukungan orang tua ditemukan, guru berhasil mengatasinya melalui pendekatan personal, pengelolaan kelas fleksibel, dan kerja sama dengan orang tua. Dengan demikian, pola komunikasi interpersonal guru yang responsif dan adaptif, didukung oleh keterlibatan aktif orang tua, menjadi kunci keberhasilan pembentukan karakter anak.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Qory Khairiyah - Personal Name
Student ID/NPM
03202140049
Dosen Pembimbing
Rezzi Nanda Barizki S.I.Kom.,M.M - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Alamsyah, S.Sos.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2
Dr. Hiswanti, S.Sos.M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Ilmu komunikasi/Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-243
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail