Soft Copy
POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK BAABUSSALAAM DEPOK
XML
Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan fondasi krusial bagi pertumbuhan holistik mereka. Namun, masih terdapat tantangan dalam pola komunikasi guru yang efektif untuk pembentukan karakter, seperti kurangnya perhatian terhadap komunikasi interpersonal, rendahnya pengarahan, kurangnya motivasi belajar anak dan perhatian orang tua, keterbatasan waktu pembelajaran, serta hambatan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi interpersonal guru dalam pembentukan karakter anak di TK Baabussalaam Depok, serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam proses tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma interpretatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tiga guru dan tiga orang tua, observasi partisipatif kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, didukung oleh Teori Stimulus Organism Response (SOR) untuk memahami bagaimana proses komunikasi guru (stimulus) terhadap anak (organisme) dan pengembangan karakter (respons). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Baabussalaam Depok menerapkan pola komunikasi interaktif, menggunakan bahasa sederhana, pendekatan hangat dan suportif, serta isyarat verbal dan nonverbal positif untuk membangun kepercayaan dan rasa aman. Anak-anak merespons dengan perubahan perilaku (disiplin, rapi), sikap (jujur, percaya diri), dan internalisasi nilai-nilai karakter berdasarkan 9 pilar Ratna Megawangi. Meskipun hambatan yang terdiri dari perubahan suasana hati, kesulitan fokus, perbedaan kepribadian anak, keterbatasan waktu, serta kurangnya dukungan orang tua ditemukan, guru berhasil mengatasinya melalui pendekatan personal, pengelolaan kelas fleksibel, dan kerja sama dengan orang tua. Dengan demikian, pola komunikasi interpersonal guru yang responsif dan adaptif, didukung oleh keterlibatan aktif orang tua, menjadi kunci keberhasilan pembentukan karakter anak.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
Qory Khairiyah - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03202140049
|
Dosen Pembimbing |
Rezzi Nanda Barizki S.I.Kom.,M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Alamsyah, S.Sos.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Dr. Hiswanti, S.Sos.M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Ilmu komunikasi/Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil |
2025-57-243
|
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |