Soft Copy
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PERUMDA PALJAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT DI JAKARTA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran jasa yang diterapkan oleh Perusahaan Umum Daerah Pengelolaan Air Limbah Jakarta (Perumda Paljaya) dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan air limbah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Perumda Paljaya dikemas dalam bentuk kampanye sosial yang berfokus pada edukasi publik, perubahan perilaku, dan peningkatan partisipasi masyarakat. Strategi tersebut meliputi sosialisasi tatap muka, distribusi brosur, partisipasi dalam kegiatan daerah, pemanfaatan media sosial, kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL), serta kerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga swadaya masyarakat. Pelaksanaan strategi ini disesuaikan dengan lima tahap adopsi inovasi menurut teori Everett M. Rogers, yaitu pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi.
Kombinasi komunikasi digital dan tatap muka yang dilakukan secara konsisten terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pengelolaan air limbah. Namun, masih terdapat tantangan berupa keterbatasan akses digital serta rendahnya kesadaran sebagian masyarakat. Oleh karena itu, penguatan strategi komunikasi berbasis komunitas dan tatap muka diperlukan agar pesan dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas..
Detail Information
| Item Type |
Bachelor's Thesis
|
|---|---|
| Penulis |
Qori Luciana - Personal Name
|
| Student ID/NPM |
03202140136
|
| Dosen Pembimbing |
ALAMSYAH, S.Sos.,M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
|
| Penguji |
Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Dr. Erita Riski Putri, S.Sos., M.Si - - Anggota/Penguji 2 Dr. Hiswanti, S.Sos.M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
| Edisi |
Unpublished
|
| Prodi/Fakultas |
Ilmu komunikasi/Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
| Edisi |
Unpublished
|
| Subyek | |
| No Panggil |
2025-57-268
|
| Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
| Doi | |
| Bentuk File |







