MAKNA KECANTIKAN WANITA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN MOISTURIZER GLAD2GLOW VERSI EKY MEISARANI DI TIKTOK )

Detail Cantuman

Soft Copy

MAKNA KECANTIKAN WANITA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN MOISTURIZER GLAD2GLOW VERSI EKY MEISARANI DI TIKTOK )

XML

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana makna, simbol, dan nilai apa saja yang terkandung dalam representasi kecantikan wanita pada iklan moisturizer Glad2Glow versi Eky Meisarani di Tiktok. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode analisis semiotika pada teori Roland Barthes, Roland Barthes menerjemahkan metode semiotikanya menjadi tiga bentuk yaitu pesan denotatif, pesan konotatif, dan juga mitos yang dimana denotasi konotasi memiliki peran yang lebih signifikan dalam ilmu linguistik. Selain itu, peneliti juga melalukan observasi melalui platform pribadi Tiktok Eky Meisarani ataupun platform Tiktok official Glad2Glow. Berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes, iklan moisturizer Glad2Glow versi Eky Meisarani di TikTok merepresentasikan kecantikan melalui makna denotatif, konotatif, dan mitos. Secara denotatif, iklan menonjolkan manfaat produk seperti menenangkan skin barrier, mencerahkan kulit, dan meredakan jerawat. Secara konotatif, perawatan kulit digambarkan sebagai bentuk self-love yang menghasilkan kulit cerah dan rasa percaya diri. Iklan juga mereproduksi mitos bahwa kecantikan ideal identik dengan kulit cerah, bersih, dan glowing, serta bahwa standar tersebut dapat dicapai dengan mudah melalui satu produk. Kehadiran influencer memperkuat konstruksi kecantikan yang mengikuti tren viral. Dengan demikian, iklan tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga membentuk persepsi budaya tentang standar kecantikan perempuan modern.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
BULAN OKTAPIA PUTRI - Personal Name
Student ID/NPM
03202140090
Dosen Pembimbing
Erita Riski Putri,S.Sos.,M.SI. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Hiswanti, S.Sos.M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Misnan, S.S.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2
Agus Hitopa Sukma, S.H M.Ikom - - Anggota/Penguji 3
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-313
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail