STRATEGI PAID ADVERTISING LUMPI FUN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus UMKM Lumpi Fun di Sukabumi)

Detail Cantuman

Soft Copy

STRATEGI PAID ADVERTISING LUMPI FUN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus UMKM Lumpi Fun di Sukabumi)

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, sebagai sarana promosi yang banyak digunakan oleh pelaku UMKM, termasuk UMKM Lumpi Fun di Sukabumi. Meskipun telah menggunakan fitur Paid Advertising, peningkatan penjualan yang diharapkan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Paid Advertising yang diterapkan UMKM Lumpi Fun serta hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara , observasi, dan dokumentasi. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling, meliputi pemilik usaha, pengelola media sosial, pembuat konten, serta konsumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Paid Advertising UMKM Lumpi Fun mencakup segmentasi pasar pada kelompok usia 17–35 tahun, dan kelompok gen z dan milenial yang paling aktif di media sosial, serta Targeting di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, dan JABODETABEK, positioning sebagai “teman ngemil” di segala suasana. Pelaksanaan iklan berfokus pada tiga komponen utama, yaitu jangkauan yang berhasil memperluas audiens hingga ke luar daerah, frekuensi penayangan iklan setiap 2–3 minggu sekali, serta pesan iklan yang dikemas dengan visual menarik dan copywriting persuasif. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan anggaran, persaingan iklan yang tinggi, dan kejenuhan audiens terhadap materi iklan yang tidak diperbarui secara rutin. Penelitian menyimpulkan bahwa Paid Advertising berhasil dalam meningkatkan jangkauan dan brand awareness, tetapi belum maksimal dalam mendorong penjualan; oleh karena itu, diperlukan penguatan kompetensi digital, kreativitas konten agar strategi dapat lebih optimal.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID/NPM
03202140073
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-316
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail