Soft Copy
PROMOSI IPHONE BEKAS DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MEMBANGUN PERSEPSI POSITIF KOMUNITAS JUAL BELI IPHONE JAKARTA SELATAN DAN SEKITARNYA
XMLPerkembangan teknologi digital telah mendorong masyarakat untuk memanfaatkan media sosial, termasuk Facebook, sebagai platform jual beli yang aktif. Salah satu bentuknya adalah komunitas jual beli Iphone bekas yang memanfaatkan grup Facebook sebagai ruang promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana promosi Iphone bekas di media sosial Facebook dapat membentuk persepsi positif anggota komunitas, serta mengidentifikasi hambatan komunikasi dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan teori bauran promosi yang mencakup advertising, personal selling, sales promotion dan publisitas. Selain itu, proses pembentukan persepsi juga dianalisis melalui tahapan pemaparan (exposure), perhatian (attention), dan interpretasi oleh anggota komunitas terhadap konten promosi yang diterima. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada anggota komunitas, observasi partisipatif dalam grup Facebook, dan dokumentasi visual dari unggahan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi iphone bekas di Komunitas Jual Beli Iphone Jakarta Selatan dan Sekitarnya melalui media sosial Facebook membangun persepsi positif calon pembeli melalui tiga tahapan utama, yaitu exposure, attention, dan interpretasi, yang didukung oleh bauran promosi. Pada tahap exposure, promosi dilakukan melalui advertising dengan fitur pinned post agar unggahan tetap terlihat di bagian atas grup, sedangkan tahap attention diperkuat oleh personal selling melalui komunikasi langsung di kolom komentar dan Direct Message (DM). Tahap berikutnya melibatkan sales promotion berupa “bonus tambahan” dalam postingan seperti softcase dan tempered glass, serta publisitas melalui testimoni pembeli di akun pribadi penjual yang menumbuhkan kepercayaan calon pembeli. Hambatan komunikasi ditemukan dalam bentuk penggunaan istilah teknis yang tidak dijelaskan, informasi produk yang terlalu singkat, serta konten visual yang kurang jelas, sehingga sebagian promosi kurang menarik perhatian dan dianggap tidak meyakinkan
Detail Information
| Item Type |
Bachelor's Thesis
|
|---|---|
| Penulis |
Agil Rizqy Juliansyah - Personal Name
|
| Student ID/NPM |
03202140099
|
| Dosen Pembimbing |
Dr. Hiswanti, S.Sos.M.I.Kom - - Dosen Pembimbing 1
|
| Penguji |
Iswahyu Pranawukir, S.Sn., M.I.Kom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Alamsyah S.Sos., M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Rezzi Nanda Barizki S.I.Kom.,M.M - - Anggota/Penguji 3 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
| Edisi |
Unpublished
|
| Prodi/Fakultas |
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
| Edisi |
Unpublished
|
| Subyek | |
| No Panggil |
2025-57-323
|
| Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
| Doi | |
| Bentuk File |







