Skripsi
STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN AWARENESS MASYARAKAT MELALUI SOCIAL MEDIA (Studi deskriptif pada event Tambora Challenge yang diselenggarakan oleh Harian Kompas)
XML
Penelitian ini bertujuan menggambarkan strategi promosi yang dilakukan Harian Kompas dalam meningkatkan awareness masyarakat melalui social media pada event Tambora Challenge berdasarkan teori Kotler (2009:179) yaitu langkah-langkah dalam membangun dan mengembangkan komunikasi yang efektif yang berisi delapan langkah yakni mengidentifikasi khalayak sasaran, menentukan tujuan, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, memilih bauran promosi, menentukan anggaran promosi, mengukur hasil dan mengelola komunikasi yang terintegrasi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian deskriptif yang melukiskan fakta secara faktual dan cermat serta penelitian kualitatif yang berarti menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat diperoleh dengan cara statistik atau pengukuran. Penelitian ini mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan oleh unit promosi dan unit event, divisi Marketing Communication di Harian Kompas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Manajer Promosi, Staff Promosi dan Staff Event sebagai key informan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi di social media yang dilakukan oleh Harian Kompas ternyata dapat meningkatkan awareness masyarakat pada event Tambora Challenge. Social media dipilih sebagai penambahan saluran komunikasi. Social media tidak dapat berdiri sendiri tetapi harus diintegrasikan dengan saluran lainnya. Perancangan pesan di sosial media harus disesuaikan dengan karakteristik media yang akan digunakan.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
SEFI PUSPITASARI - Personal Name
|
Student ID/NPM |
03201140010
|
Dosen Pembimbing |
Maria Jashinta S.Ikom,M.Ikom - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Unpublished
|
Prodi/Fakultas |
Ilmu Komunikasi/Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2015 |
Edisi |
Unpublished
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
Doi | |
Bentuk File |