Soft Copy
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA J&T EXPRESS DI JAKARTA SELATAN
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan dalam menggunakan jasa J\&T Express di Jakarta Selatan. Bauran pemasaran yang dimaksud terdiri dari tujuh variabel, yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang (SDM), proses, dan bukti fisik (7P). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya persaingan dalam industri jasa pengiriman dan perlunya perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pelanggan agar dapat mempertahankan loyalitas serta meningkatkan kepuasan pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden yang seluruhnya telah menggunakan jasa J\&T Express. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan. Sementara itu, variabel orang (SDM) dan proses tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Nilai R-square sebesar 0,555 mengindikasikan bahwa ketujuh variabel bauran pemasaran secara simultan memengaruhi keputusan pelanggan sebesar 55,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran J\&T Express serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pemasaran jasa.
Detail Information
| Item Type |
Bachelor's Thesis
|
|---|---|
| Penulis |
HOPIPAH INDAR PRAMANSA - Personal Name
|
| Student ID/NPM |
04202140030
|
| Dosen Pembimbing |
Afrida Sary Puspita, S.Sos., M.A - - Dosen Pembimbing 1
|
| Penguji |
Aris Fatoni, S.Sos., M.A - - Ketua Penguji/Penguji 1
Iwan Setyawan, S.Sos., MSi - - Anggota/Penguji 2 Aniza Octaviani, S.Sos., M.A - - Anggota/Penguji 3 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
| Edisi |
Unpublished
|
| Prodi/Fakultas |
ADMINISTRASI BISNIS/FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
| Edisi |
Unpublished
|
| Subyek | |
| No Panggil |
2025-57-319
|
| Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
| Doi | |
| Bentuk File |







